September 8, 2011

Behind the lebaran story

Baca berita di sini bikin saya miris. Saya cuma inget saat-saat saya selalu mudik setiap tahun ke rumah Eyang. Beberapa tahun terakhir ini memang pemudik dengan kendaraan roda dua itu semakin banyak, mungkin sejak motor semakin terjangkau. Bukan karena harganya yang semakin murah, tapi prosedur pembelian kredit yang semakin mudah.

Kembali ke masalah mudik, membawa kendaraan sendiri untuk mudik pasti lebih nyaman. Selain di tempat tujuan nanti bisa dipakai buat keliling-kelilng (tradisi lebaran kan silaturahmi tho), membawa kendaraan sendiri juga terhitung lebih murah. Kalau yang bersangkutan mampunyai membeli motor, ya sah aja sih kalau mudiknya pakai motor.

Mungkin nggak semua orang menganggap mudik itu penting, termasuk saya sih. Tapi kalau saat untuk bisa ketemu orang tua dan semua saudara itu cuma setahun sekali saat lebaran, mudik lebaran pasti jadi penting banget kan. Okelah, some people might say, 'kenapa harus lebaran, yang jalanan emang padet?'. Terlepas dari rasa kalau lebaran kumpul bareng keluarga itu 'sesuatu banget', saat lebaran juga udah adalah saat libur bersama, dimana hampir dipastikan hampir semua saudara berkumpul dan biasanya sebelum lebaran dapet THR yang bisa dipakai untuk mudik kan ya.

Saya sendiri sering trenyuh setiap ngeliat pemudik yang berkendaraan roda dua. Mereka terlihat sangat niat, semua bisa diangkut pakai motor, agak sedikit berbahaya memang, but they dont have any other choices I think. But seeing them makes ne realized that Im much luckier than them, and should be grateful for that.

In the end, saya cuma pengen bilang, mudik mungkin suatu hal yang sangat penting buat sebagian besar orang, that's why they hardly force themselve to be able to go home, even itu dengan kondisi keuangan yang pas-pasan. Mudik juga hak semua orang, terlepas dari mereka kaya atau miskin. Kemiskinan bukanlah alasan untuk bisa menyalahkan mereka, they dont ask to be poor. Yang paling penting adalah gimana bikin peraturan yang kuat tentang berkendara selama mudik untuk meminimalisasi korban kecelakaan selama mudik setiap tahunnya. Data yang menunjukkan kenaikan is very something deh, the government should learn more how ro reduce it.

No comments:

Post a Comment